Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2013

print this page Print This Page
Pencairan Tunjangan Profesi 2013 img
Selamat bertemu dengan Info Sertifikasi Guru, blog sederhana yang mencoba sharing tentang InfoTerkini, terkait Guru dan Sertifikasi-nya. Kali ini akan posting dengan judul "Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2013", semoga informasi Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2013 ini bermanfaat.


Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2013
Ada kabar baik terkait proses pencairan tunjangan profesi guru di tahun 2013 , semoga kabar baik segera bisa terealisasi. Mari kita simak berita Pencairan Tunjangan Profesi 2013.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan, mulai tahun depan dana tunjangan profesi guru yang sebelumnya disalurkan melalui dekonsentrasi akan diambil alih pusat dan penyalurannya langsung ditransfer kepada guru.

"Dana tunjangan guru yang tahun lalu didekonsentrasikan, tahun 2013 ditarik, langsung serahkan kepada guru. Sehingga mengurangi mata rantai penyaluran," kata Mohammad Nuh di Jakarta, Jumat (28/12).

Mengenai adanya tudingan dari FITRA yang menyebut dana profesi guru kerap diendapkan sehingga menguntungkan kalangan birokrat di daerah, Nuh enggan menanggapi. Namun dia memastikan, ke depan penyalurannya akan diawasi secara ketat.

"Saya tidak bermain di wilayah dugaan (diendapkan), tapi tahun depan Inspektorat besama Kementrian akan mengawasi proses pencairan anggaran, kapan cair, kapan ditransfer ke guru," jelasnya.

Mekanisme Pencairan Tunjangan Profesi 2013

Ditambahkan dia, proses transfer langsung dari pusat ke rekening guru tidak akan sulit karena Kementrian sudah memiliki rekening guru. Nah, begitu syarat-syarat pencairan sudah lengkap, maka langsung ditransfer.

Sementara itu Ketua PGRI, Sulistyo tidak mau menanggapi masalah dugaan pengendapan dana profesi guru, walaupun dia kerap mendapat kabar banyak daerah yang tidak mencairkan dana profesi walaupun dana tersebut sudah dikirim oleh pusat ke daerah.

"Saya tidak ikutan berpendapat apakah diendapkan atau tidak. Yang jelas memang ada dana yang sudah turun ke daerah, tapi tidak dicairkan untuk guru," ujar Sulistyo sembari mengatakan, jika memang pemerintah pusat akan mengambil alih, dia memastikan guru tidak akan menolak.

Sumber : http://www.jpnn.com/
Terima Kasih Untuk Semua Pengunjung/Pembaca KhaZaAm. Semoga Bermanfaat

15 komentar:

  1. TRANSFER LANGSUNG MANTAPPP
    Sebuah tindakan yang sangat bagus dari pemerintah pusat yang telah mengambil sikap untuk transfer langsung Tunjangan Sergur ke rekening masing2 guru.
    Trimakasih Pak Mentri dan Jajaran yang terkait

    Hidup Guru jangan lupa tugasnya !!!

    BalasHapus
  2. Saya sangat setuju sekali, kalo memang penyaluran tunjangan profesi diambil alih oleh pusat, karena memang pada kenyataannya, tidak sedikit persoalan pencairan tunjangan profesi di beberapa daerah tidak lancar. Namun yang penting adalah bagaimana meningkatkan profesinalisme dikalangan guru.

    Hidup PGRI !!!!!

    BalasHapus
  3. Sampai saat ini punyaku belum masuk rekening. Yang 2012 masih 2 bulan blum juga dibayar...Capek deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Denger-denger 2 bulan ditahun 2012 akan dibayarkan pada triwulan 1 tahun 2014. Weleh-weleh . . . . .

      Hapus
  4. janji tinggal janji kenyataannya gak ada bilang tepat waktu 9-16 April 2013 sudah tgl 19 belum juga ada direkening. apakah hanya ucapan menghibur saja?

    BalasHapus
  5. janji-janji bulan madu..... hahaha... asbun.

    BalasHapus
  6. PTK sepantasnya memaklumi ,jika sampai tgl 24 april ini hari,di KOTA TEGAL , dana dertifikasi belum juga masuk rekening..,mungkin komputer lagi ngadat ,jadi sebaiknya bersabarlah...,

    BalasHapus
  7. Cerita lama, giliran jatuh tempo eeehh ada aja alasan. Alasan terkini: data guru blm lengkap.. gimana mau dilengkapi website aja susah dibuka, bikin kita operator sekolah merasa paling salah

    BalasHapus
  8. guru2 di wilayah bali kabupaten karangasem sampai kini (hari ini) ben menerima transferan uang sertifikasi,alasannya di endapkan daerah lah,wacananya kemari kemendikbud akan mengambil alih mentransfer langsung kerekening guru,tapi nyatanya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah belum mentransfer ke rekening dengan alasan belum menerima SK penetapan penerima tunjangan dari kemendiknas, Jadi tungu dngan sabar sampai daerah menerimanya, yang penting data di dapodik sudah valid dan memenuhi sarat menerima tunjangan provesi. Semoga TW berikutnya tanpake daerah, tp langsung kerekening guru2

      Hapus
  9. sekarang sudah tgl 4 juni 2013 uang sertifikasi untuk wilayah bali masih belum ada kabarnya,gimana dengan wilayah yg lain? apakah sama dgn bali?

    BalasHapus
  10. Weleh....weleh.....weleeh cerita dan informasi pencairan tidak jelas. Sampai hari ini. 29 Juni 2013 sepeserpun belum masuk rekening . padahal SKTPP sudah dipegang sejak bulan April 2013. Mana yang benar, Pusat atau Daerah ? atau sama sama benar tidak ada yang salah diantara mereka. Yang jelas PTK lah yang selalu salah. hahaahahaaaaaaa.

    BalasHapus
  11. kalau benar seperti yang direncanakan kami guru-guru sertifikasi dari Aceh merasa sangat senang,tapi jangan gara-gara sistem pembayaran seperti ini kami malah dihambat atau di persulit didaerah.

    Bakrijas kotafajar ASEL

    BalasHapus
  12. yang harusnya turun 9 bulan, nyatanya hanya dibayarkan 3 bulan. seperti itu dikatakan lancer, malah semakin menuai banyak masalah

    BalasHapus
  13. buat modal lumayan tuh dana yang belum cair

    BalasHapus

Loading