Naskah UN Sudah di Provinsi

Pemerintah telah mendistribusikan naskah Ujian Nasional (UN) 2012 ke masing-masing daerah.

Saat ini naskah tersebut sudah berada di tingkat provinsi dan dijamin keamanannya. "Seluruh soal sudah diberangkatkan dari empat percetakan. Terakhir dicek semua naskah sudah berada di provinsi," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar kasim, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin.

Untuk provinsi yang letak kabupatennya berjauhan dan memiliki kendala geografis, naskah UN telah dikirim ke kabupaten atau kecamatan terdekat dengan sekolah-sekolah yang ada di daerah pelosok.

"Untuk provinsi yang kabupatennya agak jauh, sudah dikirim ke kabupaten/kota. Dan, untuk kabupaten/ kota yang sekolahnya sulit terjangkau, semua soal sudah ada di kantor-kantor kecamatan," terangnya.

Siapkan Petugas

Mantan Rektor Universitas Andalas itu meyakinkan keamanan dari naskah-naskah tersebut. Pihaknya sudah menyiapkan petugas keamanan dan pengawas. Hal itu dilakukan guna meminimalisasi terjadinya kebocoran soal, seperti pernah  terjadi pada UN yang sudah-sudah.

Menurutnya, pelaksanaan UN tahun ini akan terhindar dari tindak kecurangan. "Karena percetakan yang kita pilih adalah yang profesional. Begitu (segel pengaman) dibuka akan berbekas dan kertasnya tidak bisa diganti. Saya yakin kebocoran tidak akan terjadi," tandas Musliar.

Dia berharap kepada siswa untuk mengikuti UN dengan jujur. Sebab, pihaknya juga akan melakukan pemetaan akan kemampuan masing-masing sekolah. "Lebih baik para siswa percaya pada diri sendiri saja. Ini adalah kesempatan untuk belajar jujur. Dengan soal itu, akan dapat diketahui bahan ajar apa yang lemah dalam sekolah itu, kita akan lakukan pemetaan," ungkap Musliar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pihaknya masih terus memantau persiapan UN 2012. "Sejauh ini sudah siap dan terus dilakukan pemantauan oleh Litbang dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)," tuturnya.

Terima Kasih Untuk Semua Pengunjung/Pembaca KhaZaAm. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar