Pembukaan Pesta Siaga 2012


CAMAT BANJARMANGU
SELAKU  MABIRAN KWARRAN BANJARMANGU
PADA PEMBUKAAN PESTA SIAGA TAHUN 2012
KWARTIR RANTING BANJARMANGU

Assalamu’alaikumn Wr.Wb.
Salam sejahtera bagi kita sekalian,
Salam Pramuka!

Yang kami hormati,
Muspika Kecamatan Banjarmangu
Kepala Dindikpora Kecamatan Banjamangu
Ketua Kwartir Ranting Banjarmangu
Andalan Kwartir Ranting Banjarmangu
Kakak Kakak Pembina serta anak anakku anggota Pramuka Siaga yang saya banggakan, dan segenap tamu undangan yang berbahagia.
Marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita dapat bersama-sama pada hari ini untuk melaksanakan Pesta Siaga tahun 2012 tingkat Kwartir Ranting Banjarmangu
Pada kesempatan ini kami sampaikan harapan bahwa saat ini Gerakan Pramuka sudah melakukan proses Revitalisasi, seperti yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden kita. Untuk itu kita harus mampu meninggalkan pola pikir lama yang kurang bermanfaat atau menciptakan suatu kegiatan yang kurang menarik dan malah sebaliknya dapat menghambat perkembangan Gerakan Pramuka. Karenanya Gerakan Pramuka sebagai bagian dari gerakan global, yang harus dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun suatu dunia yang lebih baik. Melalui Revitalisasi, diharapkan Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah pembinaan bagi generasi muda yang kita cita-citakan bersama. Generasi muda yang cerdas, terampil, memiliki budi pekerti luhur, berahlak mulia dan mampu menjadi kader pembaharuan pembangunan bangsa.

Telah kita ketahui bersama, bahwa perkembangan tehnologi saat ini begitu pesat, Gerakan Pramuka harus mampu menyesuaikan bahkan setiap kegiatan yang diselenggarakan tentunya diselaraskan dengan perkembangan jaman, tanpa harus meninggalkan Prinsip Prinsip Dasar Kepramukaan maupun metoda Kepramukaan yang telah menjadi ciri Pendidikan Kepanduan di Indonesia. Seperti tercermin dalam penyelenggaraan Pesta Siaga kali ini, setiap tahun selalu ada berubah/penambahan materi kegiatannya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kegiatan Kepramukaan harus senantiasa fleksibel, terukur dan terarah serta mengikuti perkembangan kebutuhan saat ini dan yang lebih strategis adalah dalam rangka pembinaan Generasi muda.

Kakak kakak Mabi, Andalan dan Para Pembina serta khususnya anak anakku siaga yang Yahnda cintai,
Saat ini Kabupaten Banjarnegara sudah berpredikat kota Adipura, dengan semboyan Gilar-Gilar-Nya. Predikat kota adipura ini harus dipertahankan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. kepada anak anakku Siaga hendaknya ikut berpartisipasi dengan cara yang dapat kamu lakukan, antara lain tetap menjaga kebersihan lingkungan, mentaati peraturan lalu lintas , berbakti kepada orang tua dan nasehat bapak ibu gurumu. Inilah cermin siaga masa kini yang selalu berkembang, disiplin, rajin belajar dan berprestasi. Terutama kebersihan lingkungan yang harus tetap kita jaga, karena pada saat ini wabah penyakit Demam Berdarah (DBD), Malaria, tengah berkembang di sekitar kita. Untuk itu bentuklah satuan-satuan Tugas yang terdiri para anggota barungmu, dengan melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan pangkalan latihan atau tempat belajarmu dengan rutin, seminggu sekali setiap latihan pramuka secara bergiliran. Kepada para Kakak Pembina, hendaknya melakukan pengarahan dan bimbingan dalam melakukan kegiatan ini, dan tidak segan-segan memberikan penghargaan berupa Tanda Kecakapan bagi anggota barung yang aktif melaksanakan tugasnya. Kegiatan ini selain menanamkan pendidikan watak juga sebagai upaya kita dalam menjaga kesehatan bersama dan menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan nyaman.
Pramuka merupakan aset nasional dan investasi masa depan yang perlu ditangani serius seiring dengan kemajuan jaman dan pekembangan teknologi. Jika hal ini tidak dilakukan, maka Pramuka tidak akan sanggup menghadapi tantangan masa depan. Kegiatan mendidik, membina dan melatih peserta didik secara dini seperti kegiatan Pesta Siaga kali ini adalah suatu bentuk kepedulian dari Gerakan Pramuka dalam rangka membangun kebersamaan untuk mewujudkan Tujuan Nasional. Karena itu pesta siaga sangatlah penting dilaksanakan sebagai ajang kompetisi kepanduan seusia anak anak 7-10 th. Karena merupakan sarana yang tepat untuk menjalin persaudaraan, menambah teman, memperluas wawasan dan pengalaman baru. Selain itu pesta siaga juga sebagai media untuk mengasah pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan, memupuk kekompakan membentuk watak dan mental yang kuat serta melatih sikap bakti kepada masyarakat. Perlu kita sadari bahwa gerakan kepramukaan merupakan penunjang bagi pendidikan formal disekolah maupun di lingkungan keluarga. Sebab dalam masa perkembangan dan perubahan lingkungan yang demikian pesat saat ini gerakan pramuka harus bisa berusaha ikut aktif membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan Nasional

Kakak kakak Mabi, Andalan dan para pembina dan  anak anakku siaga yang yahnda cintai,
Kepada para Pembina saya berharap untuk meningkatkan dan mengembangkan terus kegiatan-kegiatan kepramukaan dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak-anak didik, sehingga pada gilirannya nanti menjadi anak-anak Bangsa yang cerdas, kreatif, mandiri dan berbudaya. Kepada Dewan Juri, kami harapkan untuk dapat berlaku professional, berkomitmen tinggi pada moralitas dan penuh tanggung jawab. Kedepankan obyektifitas dalam penilaian  sehingga akan terpilih barung yang benar-benar berkualitas. Dan kepada anak-anak peserta pesta siaga untuk mengembangkan apa yang telah diperoleh selama pesta siaga ini di lingkungan masing-masing. Gerakan Pramuka mengajarkan banyak keutamaan yang pas diajarkan kepada anak-anak muda. Mengajarkan keutamaan dan nilai-nilai dalam upaya menumbuhkan jiwa disiplin, mandiri dan bertanggung jawab serta cinta tanah air. Ada manfaat besar di sana. Karena itu terus kembangkan, jangan sampai upaya ini berhenti.
Kemudian dalam Pesta Siaga ini, yahnda berharap anak anakku siaga dapat mengikuti seluruh kegiatan ini dengan bersemangat dan bergembira. Kwartir Ranting Banjarmangu hanya menyeleksi barung yang pantas mewakili Kecamatan Banjarmangu ke tingkat Kartir Cabang Banjarnegara. Menjadi Juara bukan satu satunya tujuan, tetapi yang penting adalah kamu semua dapat belajar menjalin kebersamaan antar anggota barungmu, mendapatkan banyak teman dan menjalin persahabatan dengan barung lain, serta mendapatkan pengalaman yang paling berharga dibanding yang lainnya. Pengalaman inilah yang akan membesarkan dirimu dan menolong dirimu dalam menjalani kehidupan ini kelak.
Selanjutnya dengan mengucapkan :
( Bismillahi Rohmanirohim )
Pesta Siaga tahun 2012 Kwartir Ranting Banjarmangu dengan resmi dinyatakan dibuka.

Akhirnya Selamat berpesta siaga. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridloi upaya kita dalam rangka membentuk kader pembangunan yang memiliki jiwa patriotis dan bela negara. Amin.

Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Salam Pramuka.

Banjarmangu, 4 Pebruari 2012
Camat Banjarmangu
Selaku Mabiran Kwartir Ranting Banjarmangu

Terima Kasih Untuk Semua Pengunjung/Pembaca KhaZaAm. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar