Materi Uji Kompetensi Awal (UKA) Sergur 2012

Tanggal 25 Pebruari 2012 merupakan hari yang sangat mendebarkan bagi sekitar 300.000 lebih guru di Indonesia yang pada tahun ini telah ditetapkan sebagai Calon Peserta Sergur Tahun 2012. Dari jumlah kuota secara nasional, tidak semua peserta tes UKA dapat lulus dan mengikuti PLPG. Hal disebabkan dana sertifikasi 2012 hanya disiapkan untuk 250.000 orang. 
Artinya, ada sekitar 50.000 orang guru yang harus gigit jari karena tidak lulus dan harus menunggu panggilan lagi di tahun-tahun mendatang.
Walaupun uji kompetensi awal ini akan dilaksanakan dan diulang hingga 4 (empat) kali sampai diperoleh jumlah  peserta lulus sebanyak 250.000 orang, toh tetap saja harus ada peserta yang tidak lulus. Dan jumlahnya tidaklah sedikit, yaitu 50.000 lebih peserta. Hal inilah yang dikhawatir oleh sebagian banyak peserta terutama yang bagi mereka yang dipanggil berdasarkan kriteria umur.
Beberapa fakta yang memberatkan guru sebagai calon peserta sergur 2012 dengan diberlakukannya Uji Kompetensi Awal adalah:
  1. banyak peserta yang usianya di atas 50 tahun dengan kualifikasi pendidikan di bawah S-1. Faktor usia bagi kebanyakan orang adalah penyebab turunnya daya ingat dan kemampuan berpikir;
  2. pembinaan kompetensi paedagogik dan profesional yang tidak maksimal selama ini, baik yang dilaksaksanakan pemerintah pusat maupun oleh daerah.
  3. persaingan yang diciptakan sungguh sangat tidak sehat antara guru muda yang pendidikan S-1 dengan guru tua yang berpendidikan SPG atau D2 yang telah lulus pada puluhan tahun silam.
  4. munculnya calo-calo pendidikan yang mengatasnamakan "Bimbel bagi Calon Sergur" dengan menarik dana yang tidak kecil (bagi guru) dengan jaminan kelulusan yang tidak jelas.
Namun demikian, bukan berarti Uji Kompetensi Awal ini tidak bermanfaat bagi guru. Ternyata, tidak sedikit guru yang menjadi sadar setelah melihat kisi-kisi UKA yang menggambarkan sebagian kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru profesional. Banyak materi yang harus kita pelajari kembali untuk merekonstruksi kembali pengetahuan kita yang telah lama terpendam.
Uji kompetensi awal ini seharusnya dijadikan alat pemetaan kemampuan guru, yang selanjutnya menjadi dasar pengembangan kompetensi yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui pendidikan dan pelatihan. Bukan digunakan untuk menyeleksi guru yang akan mengikuti PLPG.
Namun, tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri menghadapi UKA dengan terus belajar. Berikut dapat didownload rangkuman materi UKA Guru Kelas SD yang disusun berdasarkan kisi-kisi. Walau tidak lengkap, semoga dapat sedikit meringankan usaha mencari-cari bahan belajar. Semoga bermanfaat, dan semoga kita semua dapat mengikuti Ujian Kompetensi Awal dengan hasil yang memuaskan, Amin . . . . .
Rangkuman Materi dapat di download disini dan disini

Terima Kasih Untuk Semua Pengunjung/Pembaca KhaZaAm. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar