Wisata Banjarnegara

Wisata Banjarnegara, Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng yang letaknya 2.093 m di atas permukaan laut, berada sekitar 55 km arah timur laut kota Banjarnegara, dikelilingi oleh Gunung Sphotoworksro – Sumbing, Gunung Perahu, Gunung Rogojembangan dan Gunung Bismo. Dataran Tinggi Dieng ini lokasinya berada di dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Selain bisa mengunjungi tempat wisata alam dan tempat wisata sejarah di Dataran Tinggi Dieng,
pengunjung juga bisa melihat Golden Sunrise, matahari terbit yang dilihat dari menara pandang pada ketinggian 1.700 m di atas permukaan laut, yang lokasinya berada sebelum Desa Dieng. Pengunjung juga bisa melihat Silver Sunrise yang bisa dilihat dari kompleks Candi.
  • Arung Jeram Sungai Serayu Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara yang lintasannya mendapat penilaian ‘grade 3′ dari FAJI ini dimulai dari di Desa Tunggoro ke Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh, dengan jarak tempuh sekitar 12 Km.
  • Candi Arjuna Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara di dataran tinggi Dieng yang letaknya satu deret dengan Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra, dan berhadapan dengan Candi Semar
  • Candi Bima Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara di Dieng yang Diperkirakan dibangun setelah Candi Srikandi; bagian atapnya mirip bentuk shikara, seperti mangkuk yang ditangkup.
  • Candi Dwarawati Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara di bukit Perahu, berukuran 5,3 x 5,3 m, dan letaknya paling utara diantara candi-candi lainnya. Candi ini mengalami restorasi total pada 1980.
  • Candi Gatotkaca Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara yang berada di sebelah barat kelompok Candi Arjuna di kaki bukit Pangonan, menghadap barat, 1 km sebelah utara Candi Bima; memiliki ornamen kala makara, tanpa rahang bawah.
  • Curug Pitu Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara di dekat pusat Salak Pondoh. Curug ini kabarnya sangat indah dan berupa tujuh buah curug yang bertingkat, dan ada lokasi untuk camping.
  • Curug Sirawe Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara di Dataran Tinggi Dieng yang memiliki ketinggian 80 meter, dengan pemandangan alam yang kabarnya indah.
  • Kawah Candradimuka Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara ini bukan merupakan kawah gunung berapi, namun merupakan pemunculan solfatara dari dua lubang rekahan tanah. Di kawah ini ada sumber air yang dipercaya memiliki kekuatan gaib.
  • Kawah Sikidang Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara di Dieng berupa kawah vulkanik favorit wisatawan yang mengeluarkan uap panas disertai semburan air mendidih yang lokasinya selalu berpindah-pindah.
  • Kawah Sileri25 Banjarnegara
    Wisata Banjarnegara yang merupakan kawah aktif paling luas di Dataran Tinggi Dieng, terus menerus mengepulkan asap putih, dan air kawah yang bergolak mendidih berwarna seperti leri, air cucian beras.

Terima Kasih Untuk Semua Pengunjung/Pembaca KhaZaAm. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar